Tentang Penulis

ahwazy anhar

Ahwazy Anhar, sebuah nama unik yang diberikan oleh orang tua saya pada 3 Agustus 1992 silam. Nama tersebut sangat saya sukai karena selain maknanya yang sangat bagus, nama ini sejauh pengetahuan saya belum ada disandang oleh orang lain.

Saya dilahirkan dari keluarga dengan latar belakang agama. Kakek saya, Ibrahim Djalil,  merupakan seorang guru yang mengajar di pesantren Madrasah Sumatera Thawalib (MST) Parabek Bukittinggi, Sumatera Barat. Tidak berbeda jauh Bapak saya, Anhar, beliau juga tamatan dari sekolah yang sama tempat kakek mengajar dan sampai saat ini pun tetap berkarir di bidang agama Islam. Bahkan sesekali Bapak diminta menjadi guru mengajar Qawa’id Bahasa Arab di pesantren tersebut.

Saya pun juga turut mengikuti langkah Kakek dan Bapak. Setelah menamatkan pendidikan Sekolah dasar (SD), saya melanjutkan pendidikan ke Pesantren yang sama dan saya selesaikan hingga jenjang Aliyah pada tahun 2010. Di MST Parabek, saya dididik dan ditempa selama enam tahun dan berhasil menamatkan hingga jenjang Aliyah pada tahun 2010.

Tahap berikutnya, saya melanjutkan pendidikan saya ke tempat yang sudah saya impikan dari kecil, Universitas Al-Azhar Mesir. Sebuah universitas tertua di dunia yang berumur lebih dari seribu tahun. Tepat pada hari Jumat tanggal 8 Agustus 2010, untuk pertama kalinya saya menghirup udara tanah para nabi tersebut.

Di Al-Azhar saya diajarkan dan bahkan disadarkan dengan ilmu Islam yang moderat. Selama empat tahun menyelesaikan jenjang S1 di Al-Azhar, saya mendapatkan banyak hal yang sangat bermanfaat terutama yang berkaitan dengan pemikiran Islam yang moderat.

Selama tinggal di Mesir, saya menyaksikan sendiri betapa pentingnya Islam yang sebenarnya. Apalagi beberapa tahun terakhir, Mesir diguncang dengan berbagai macam bentuk gempa politik yang berakar dari pemikiran Islam Garis Keras.

Untungnya, untuk membaca kisruh politik yang ada di Mesir, saya bisa menanyakan langsung pada ulama-ulama Al-Azhar yang sangat terpercaya seperti Syekh Ali Jum’ah, Syekh Usamah Sayyid Al-Azhar, Syekh Amru Al-Wardani, Syekh Sayyid Syaltut, Syekh Hisyam Kamil dan juga guru-guru besar lainnya.

Untuk pandangan politik, saya berpegang teguh dengan apa yang diajarkan oleh Al-Azhar yaitu berdiri di atas golongan. Saya tidak berdiri di kotak manapun, persis seperti Rasulullah Saw. yang juga berdiri untuk semua golongan.

Sembari menyelesaikan kuliah, saya juga aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan yang ada di Mesir. Organisasi pertama yang saya ikuti di Mesir adalah Informatika ICMI Orsat Kairo. Organisasi ini merupakan wadah bagi mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir (Masisir) untuk belajar dan mendalami bidang jurnalistik. Di sini, saya memulai menjadi wartawan mahasiswa hingga menjadi edito di buletin tersebut

Selain itu, saya juga aktif di kekeluargaan untuk masyarakat Minangakabau yang bernama Kesepakatan Mahasiswa Minang (KMM) Mesir. Di sini saya aktif di beberapa bidang hingga menjadi Pemimpin Redaksi dan Editor untuk Buletin Mitra KMM serta menjadi redaktur di KmmMesir.com.

Di paruh kedua tahun 2012, saya mengikuti kajian di Pakeis yang fokus meneliti tentang ekonomi Islam. Kajian Pakeis ini saya selesaikan dalam 4 level selama 2 tahun.

Pada saat-saat yang sama saya juga mengikuti pelatihan fotografi yang diadakan oleh Indonesian Photographic Society in Cairo (IPSC). Saya diajarkan langsung oleh Amran Hamdani yang sekarang berkarir menjadi jurnalis TV One untuk Timur Tengah. Pelatihan fotografi tersebut saya selesaikan dalam beberapa bulan dan ditutup dengan pelatihan cinematografi.

Setelah memanatkan Akademi IPSC, saya terus menggeluti bidang fotografi hingga dipercaya menjadi Direktur IPSC meski dalam waktu yang singkat, karena harus segera kembali ke Indonesia.

Setelah menamatkan Strata 1 di Universitas Al-Azhar Mesir, saya kembali ke tanah air dan saat ini mencoba untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Selain itu, saat ini, saya menjabat sebagai General Manager di Arosa Safarindo yang bergerak dalam jasa pelayanan wisata Timur Tengah secara umum atau Mesir secara khususnya. Selain itu saya juga menjabat sebagai General Manager di Arosa Pictures yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan fotografi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s