Fiqh Muraja’ah (Masih Selisik Konflik Mesir)

najih ibrahimSangat menarik apa yang disampaikan oleh Dr. Najih Ibrahim. Hal paling penting yang harus dilakukan saat ini adalah Fiqh Muraja’ah. Artinya, kita harus mengkaji kembali segala macam hukum fikih yang berkaitan dengan konflik Mesir. Sebab jika salah memahami hukum fikihnya maka konsekuensinya bisa merusak otak dan mencederai pikiran itu sendiri. Pada akhirnya, jika cara berpikir yang salah itu tetap dijalankan, maka sama saja kita menjalankan usaha bunuh diri bagi umat Islam.

Fikih Muraja’ah bukanlah sebuah aib karena para ulama telah lebih dahulu mempraktekkannya. Kita mengetahui adanya Qaul Qadim dan Qaul Jadid dari Imam Syafi’i. Ini adalah contoh konkrtinya.

Kenapa harus ada Fiqh Muraja’ah?

Sebab Harakah Islamiah adalah gerakan yang dihasilkan oleh pemikiran manusia yang mungkin benar dan bisa mungkin salah. Jika benar, gerakan itu akan membuat maju umat Islam namun jika salah maka akan membuat rusak umat Islam itu sendiri.

Ada dua poin penting yang harus kita pahami:

1. Terjadinya pembekakan penyakit berbahaya dalam menumbuhkembangkan politik Islam dengan perantara kegiatan pendidikan (tarbawi), dakwah dan melalui kegiatan sosial, terutama pasca Revolusi 25 Januari.

2. Inti atau asal dari Proyek Islami adalah untuk hidayah bukan untuk pemerintahan. Sementara pemerintahan adalah cabang dari hidayah. Maka jika terjadi benturan antara yang asal (hidayah) dengan yang cabang (pemerintahan) maka kita harus memprioritaskan yang asal atau yang utama.

Sementara yang kita lihat sekarang adalah adanya sebuah pemikiran yang didasarkan kepada anggapan bahwa Islam tidak akan bisa ditegakkan kecuali dengan kekuasaan atau pemerintahan. Dan ini adalah pemikiran yang perlu dikoreksi kembali. Kita harus memahami bahwa Islam pasti akan selalu ada meski tanpa adanya pemerintahan.

Kita juga harus paham bahwa sebagian besar ahli fikih, ulama, ahli hikmah menjauhi pemerintahan dan kekuasaan. Hal ini bukan berarti kita menyimpulkan bahwa mereka melarang kita untuk mendekati tampuk kekuasaan, tapi kita harus memahami bahwa tugas mereka sebagai Penjaga Islam adalah usaha agar seluruh manusia mendapatkan hidayah dari Allah. Dan hal inilah yang menjadi prioritas kita saat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s