Semesta Menulis Berjuang (Bag. 3 Habis)

semesta menulisMesir terus bergejolak. Belum ada tanda-tanda bendera putih akan dikibarkan. Sesekali tersiar kabar adanya korban jiwa akibat  bentrokan fisik antara kedua kubu. Dan di saat yang sama, agenda padat menunggu untuk di jalankan.

Dalam melayani tamu-tamu luar negeri itu, banyak kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan. Seperti kejadian di Alexandria. Kami membawa mereka ke tempat shalat, di mana tidak ada tempat shalat untuk perempuan. Syukurlah hal tersebut bisa kami atasi dengan mencarikan tempat shalat pengganti bagi perempuan sekaligus tempat berwuduk. 

Untuk diketahui, banyak masjid di Mesir memang tidak menyediakan tempat shalat khusus perempuan. Beda dengan Indonesia, setiap masjid pasti ada tempat shalat laki-laki dan perempuan.

Meski demikian, banyak hal menarik yang kudapat selama melayani mereka. Antara lain:

1. Pipiet Senja, penulis 130 judul buku mengaku menulis 90 % bukunya di atas dalam keadaan sakit. Begitu info yang kudengar. Oleh sebab itu, Irwan Kelana, dalam beberapa kesempatan mengatakan Pipiet Senja adalah sumber inspirasi karena dengan kondisi kesehatan yang  tidak sempurna, yang mengharuskan dia cuci darah sekali sebulan, ia mampu membuat karya hingga 130 buah. It’s amazing!

2. Terkadang aku tidak sadar bahwa yang aku hadai bukanlah sembarang orang. Yang satu penulis terkenal, kemudian ada juga inspektur khusu dalam negeri,  redaktur senior harian Republika dan yang lainnya dewan pengawas RRI. Namun, mereka semua sangat low profil. Mau bergaul dengan mahasiswa-mahasiswa biasa seperti kami.

Kepulangan mereka ke tanah air tidak serta merta membuat hubungan  silaturahim kami tidak terputus begitu saja. Ukhuwah kami tetap diikat dengan Facebook ataupun Twitter sehingga  tidak saling melupakan. Ibaratnya, hubungan yang kami bangun selama satu minggu yang lalu  sudah seperti hubungan  orang tua dan anak. Bukan hanya saling kenal. Bahkan lebih dari itu, ada juga hubungan seperti calon mertua dan calon menantu yang begitu akrab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s