5 Peristiwa Besar Dunia di Bulan Ramadhan

ramadan kareem

1. Dua Kemenangan Islam di Perang Badar dan Fathu Makkah

Pada bulan Ramadhan terjadi dua peristiwa besar dalam sejarah awal umat Islam. Peristiwa itu adalah dua perang besar yang dimenangkan oleh umat Islam.

Peristiwa pertama perang Badar, dan peristiwa kedua Fathu Makkah (Pembebasan Makkah), Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 H/624 M. Inilah peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Makkah setelah hijrah ke Madinah. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pihak Muslimin. Padahal dalam perang tersebut, jumlah tentara muslim sangatlah sepertiga dari tentara kafir Quraisy. Belum lagi keadaan kaum Muslim ketika itu sedang melaksanakan ibadah shaum Ramadhan. Sedangkan Fathu Makkah atau pembebasan kota Makkah terjadi pada tahun Ramadhan 8 Hijriah/ 630 M.

2. Pembebasan Andalusia

Pembebasan Andalus dimulai pada awal Ramadhan tahun 91 Hijriyah, Umat Islam ketika itu turun di bawah pimpinan Thoriq bin malik Al Bariri ke pantai selatan Andalus maka terbukalah beberapa daerah. Dan pada 9 Ramadhan 93 Hijriyah Pimpinan muslim Musa bin Nasir berkampanye untuk menyelesaikan pembebasan Andalus dan terakhir di Sevilia dan Toledo.

3. Perang Sinai Mesir vs Israel

Sukarelawan Ikhwanul Muslimin dan tentara reguler Mesir merebut Jazirah Sinai justru pada bulan Ramadhan 1973. Oleh karena itu operasi ini disebut Operasi Perang Badar Baru. Orang Israel dan Orang Barat menyebutnya Perang Yom Kippur karena terjadinya pada saat hari besar Yahudi yaitu Yom Kippur.

4. Kemenangan Fatahillah atas Sunda Kelapa

Pada tanggal 22 Juni 1527 Fatahillah berhasil merebut pelabuhan perdagangan Sunda Kelapa dari tangan Portugis, yang kini dirayakan sebagai hari jadi kota Jakarta. Pada tanggal tersebut, bertepatan pula dengan tanggal 22 Ramadhan 933 H. Banyak pihak berargumen bahwa kemenangan Fathaillah ini dianggap mirip dengan Pembebasan Kota Mekkah (Fathul Mekkah) yang diabadikan dalam Al Qur-an Surat 48 ayat 1 dengan sebutan Fathan Mubiina (kemenangan yang gilang gemilang). Kata-kata ini dalam bahasa Sansekerta disebut Jayakarta. Oleh karena itu sejak saat itu Sunda Kelapa diganti namanya oleh Fatahillah menjadi Jayakarta atau Jakarta.

5. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Bagi bangsa Indonesia, bulan Ramadhan pun ternyata meninggalkan guratan istimewa yang senantiasa membekas. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang. Kumandang Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

sumber: http://bit.ly/1bglhIy

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s