Ikuti AS, Kanada Stop Dana ke UNESCO

Mengikuti jejak Amerika Serikat, Kanada juga menghentikan bantuan dana untuk UNESCO karena badan kebudayaan PBB itu menerima Palestina sebagai anggotanya.

Menteri Luar Negeri Kanada John Baird mengatakan, Selasa (1/11/2011), keputusan UNESCO itu tidak mendukung kepentingan perdamaian di Timur Tengah. Oleh karena itu, Kanada membekukan semua kontribusi sukarelanya kepada UNESCO. Negara itu menyumbang sekitar 10 juta dollar AS per tahun.

“Kami sangat khawatir atas keputusan yang diambil UNESCO. Masalah ini seharusnya dibicarakan di antara dua pihak. Keputusan (UNESCO) itu tidak membuahkan perdamaian di Timur Tengah dan kami sangat kecewa,” papar Baird.

Sebelumnya AS telah mengumumkan penghentian sumbangannya yang mencapai 60 juta dollar AS ke UNESCO, yang sangat bergantung pada pendanaan AS.

Pendanaan UNESCO diperoleh dari iuran wajib dan sukarela dari negara-negara anggotanya.

Dalam rancangan anggaran Departemen Luar Negeri Kanada dituliskan bahwa negara itu menyumbang 12 juta dollar AS per tahun hingga 2014. Ini merupakan kontribusi wajib yang tidak akan dihentikan Kanada.

UNESCO menerima Palestina sebagai anggota penuh dalam pemungutan suara yang dilakukan pada Senin (31/10/2011) dengan hasil 104 suara setuju, 14 menolak, dan 52 suara absen.

AS dan Kanada yang merupakan sekutu Israel termasuk 14 negara yang menolak.

dikutip dari: kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s